Senin, 31 Oktober 2011

Bab2 Perusahaan dan Lingkungan perusahaan


Bab2 Perusahaan dan Lingkungan perusahaan
1.      Pengertian perusahaan
Perusahaan adalah suatu tempat untuk melakukan kegiatan proses produksi barang atau jasa. Perusahaan juga di definisikan sebagai kesatuan teknis yang bertujuan untuk menghasilkan barang dan jasa. Perusahaan juga disebut sebagai tempat berlangsungnya proses produksi yg menggabungkan faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.

2.      Tempat kedudukan dan letak perusahaan
·         Tempat kedudukan perusahaan
Tempat kedudukan perusahaan yaitu kantor pusat itu sendiri. Tempat kedudukan perusahaan pada umumnya dipengaruhi oleh faktor kelancaran hubungan dengan lembaga lain, seperti lembaga keuangan , lembaga pemerintah dan sebagainya.
·         Letak perusahaan
Letak perusahaan sering juga disebut dengan tempat kediaman perusahaan, yaitu tempat dimana perusahaan melakukan kegiatan sehari-hari. Sedangkan istilah tempat kedudukan perusahaan dapat juga diartikan sebagai tempat kantor pusat. Dengan semakin tajamnya persaingan serta banyaknya perusahaan yg saat ini bermunculan, maka pemilihan letak perusahaan ini sudah tidak mungkin dilakukan dengan cara coba-coba. Karena dengan cara itu perusahaan akan kalah bersaing, disamping waktu harus berpau juga efisien di bidang biaya perlu mendapat perhatian. Oleh karena itu pemilihan letak perusahaan ini harus dilakukan dan diputuskan melalui beberapa pertimbangan yg disertai dengan fakta yg kongkret dan lengkap.
·         Jenis letak perusahaan
Ada 4 jenis yaitu :
1)      Letak perusahaan yang terkait pada alam
2)      Letak perusahaan yang berdasarkan sejarah
3)      Letak perusahaan yang ditetapkan oleh pemerintah
4)      Letak perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi

3.      Perusahaan dan lembaga sosial
·         Tujuan dari pendirian perusahaan
Tujuannya dibagi 2 yaitu :
1)      Tujuan ekonomis
Berkenaan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya.
2)      Tujuan sosial
Perusahaan memperhatikan keinginan inversor, karyawan, faktor produksi, maupun masyarakat luas.
Kedua tujuan tersebut dapat saling mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan utama perusahaan tersebut, yaitu memberi kepuasan kepada keinginan konsumen ataupun pelanggan.
·         Perusahaan sebagai suatu sistem
Perusahaan sebagai suatu sistem adalah gabungan dari unit-unit yg saling keterkait dalam satu wadah dengan satu tujuan tertentu.
·         Sistem perusahaan
Sifat sistem perusahaan yaitu :
a.      Kompleks
b.      Sebagai suatu kesatuan atau unit
c.       Sifatnya beragam
d.      Sifatnya saling bergantung
e.      Sifatnya dinamis
·         Fungsi-fungsi perusahaan
Ada 2 fungsi perusahaan yaitu :
1)  Fungsi operasi : pembelian dan produksi, pemasaran, keuangan, personalia, akuntansi, administrasi, teknologi informasi, transformasi dan komunikasi, pelayanan umum, dan hukum/perundang-undangan dan humas.
2)      Fungsi manajemen : perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian.
·         Ciri-ciri perusahaan
a.      Operatif
b.      Koordinatif
c.       Reguler
d.      Dinamis
e.      Formal
f.        Pelayanan Bersyarat

4.      Berbagai macam lingkungan perusahaan dan pengaruhnya pada perusahaan
1)    Lingkungan eksternal : faktor-faktor di luar dunia usaha yg mempengaruhi kegiatan perusahaan. Lingkungan eksternal dibagi menjadi 2 yaitu :
a.   Lingkungan eksternal makro adalah lingkungan eksternal yg tidak terpengaruh langsung terhadap kegiatan usaha. Yang termasuk lingkungan eksternal makro adalah keadaan alam, politik dan hankam, hukum, perekonomian, teknologi dan pendidikan, sosial dan budaya, kependudukan, dan hubungan internasional.
b.     Lingkungan eksternal mikro adalah lingkungan eksternal yg berpengaruh langsung terhadap kegiatan usaha. Yg termasuk lingkungan eksternal mikro adalah pemasok/supplier, perantara, teknologi dan pasar.
2)  Lingkungan internal : faktor yg berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi. Yang termasuk dalam lingkungan internal adalah tenaga kerja, peralatan dan mesin-mesin, permodalan, bahan mentah, sistem informasi dan administrasi.

5.      Pendekatan dalam melihat bisnis dan lingkungan
Bisnis tidak terlepas dari aktivitas produksi, pembelian, penjualan, maupun pertukaran barang dan jasa yang melibatkan orang atau perusahaan. Aktivitas bisnis pada umumnya punya tujuan menghasilkan laba. Bisnis sangat erat kaitannya dengan perusahaan. Meskipun demikian, untuk memahami seluk beluk bisnis diperlukan pengetahuan, pemahaman, dan penguasaan ilmu ekonomi perusahaan serta konsep-konsep pokoknya, agar bisnis dapat dikelola sesuai sarana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar